Siapakah raja bus JATIM ?


Rabu, 26 Januari 2011

sejarah bus AC tarif ekonomi

Urun rembug...
Lagi2 postingan Pak Didik membuat saya bernostalgia di jalur tengah.
Surya Agung ATB dgn AC gantung dan pintu belakang yg letaknya agak ke tengah ya pak?
menambahkan pak Didik,Trigaya ATB selain RKT L 3886 CG juga punya L 3743 CG Nissan CB dijalur Surabaya-Madiun-Solo,selain itu Akas juga pernah bermain ATB di jalur ini,yang saya ingat N 3994 N dan N 3759 SC dan N 3760 SC semuanya armada MB OH.
Umtuk jalur Surabaya-Ponorogo tentunya yg fenomenal adalah Akasdi tahun 93 keatas dgn armadanya yg menggunakan MB OH sebagai jagoannya,dari Madiun ke arah Surabaya dari jam 2 siang sampe jam 4 sore pasti ditunggu oleh penumpang,bahkan okupansi Akas ATB ini diatas rata2 Sumber Kencono  dan Mira,bahkan PO Lancar pun mengeluarkan ATB banci AE 3755 V MB OH.

Untuk jalur Surabaya-Kertosono-Kediri-Tulungagyng yang paling heboh menurut saya adalah thn 93 Oktober,Harapan Jaya merilis ATB OH 1521 7 Speed balutan New Patriot AG 3939 SB,AG 3930 SB,AG 3931 SB dan AG 3932 SB ( sama dgn versi bis malam Jakrtanya),MB 7 Speed pertama untuk menandingi Akas yang juga ikutan ngelen Probolinggo-Surabaya-Kediri-T.agung dgn armada ATBnya, tidak puas sampe disitu Harjay dipertengahan 1994 merilis 2 ATB AG 3761 SC dan AG 3763 SC balutan Bravo Cruiser masih ingat pak Didik?di bodi kiri Harjay ini tertulis Air Conditioner Service ( sama dgn armada bis malam Jakartanya ) padahal Harjay masih memiliki 3 ATB AG 3831 S,AG 3832 S dan AG 3766 SA.
Suatu kebijakan yang menurut saya lucu dan aneh sebab armada2 Harapan Jaya ATB ini malah terlihat lebih mewah dan Luks daripada Patasnya yg masih berbalut MB OH Patriot dan beberapa malah MB bermesin depan ( O306 ).

Sedikit OOT nih,dahulu alm. Papa saya sampai bela2in naik Harjay New Patriot ini turun di Kertosono dan menunggu kehadiran Indrapura ATB AE 3746 S atau EKa ATB L 3892 V Nissan CK untuk lanjut ke Madiun.Itung2 kapan lagi bisa mencicipi MB gress ala bis malam tp tarip biasa hehehehehe

Dahulu bis ATB Eka/Mira dan Sumber Kencono terkenal ngeblong dan banter2 di track Surabaya-Madiun-Solo-Jogja.Hanya Trigaya,Jayut dan Mandala yg ngga terlalu ngeblong.
Sedangkan di jalur Surabaya-Ponorogo Akas ngga terlalu cepat hnya saja Akas jadi pilihan karena ngga terlalu ngetem lama di terminal2 dan di Baron.

Layak kita tunggu kehadiran Sumber Kencono ATB,ngga perlu banyak2 cukup 6 s/d 10 unit saja Hino AK8 nya ditambahi AC mantap deh..

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites