Siapakah raja bus JATIM ?


Jumat, 28 Januari 2011

Fenomena PO Sumber Kencono


KENAPA bus PO Sumber Kencono yang berbasis di Krian, Sidoarjo sering
kecelakaan? Dalam perspektif saya, selama belum ada undang-undang pembatasan
kecepatan kendaraan di jalan raya, jangan harap bus-bus yang melaju di jalanan
akan terkontrol kecepatannya. Sebaliknya, nikmatilah keganasan mesin-mesin bus
ber-cc besar yang digeber habis di jalan raya.
Sumber Kencono (SK) adalah fenomena yang nyata. SK adalah mesin uang bagi
pemilik PO itu, bagi crew, dan sebagian besar pengguna jasanya. Banyak pengamen
dan pedagang asongan yang menggantungkan hidup dari SK di jalur
Surabaya-Madiun- Solo-Jogja, Surabaya-Madiun-Solo-Semarang.
Sang fenomena ini berangkat tiap interval sekitar 20 menit sekali selama 24 jam
non stop di jalur Surabaya-Madiun-Solo-Jogja. Banyak konsumen bus yang jadi penumpang bus ini dan selalu menantinya yang akan embawa mereka ke kota tujuan. Di jalur Surabaya-Jogja PP belum ada PO lain
yang bisa menandingi ‘kedigdayaan’ PO ini.
Walaupun sering terjadi kecelakaan baik fatal maupun ringan, tidak menyurutkan penggemarnya untuk tetap menggunakan jasa bus ini.
Coba anda naik bus satu ini. Dalam perjalanan Anda pasti akan disuguhi fenomena
yang nyata. Seringnya sesama bus SK yang saling berpapasan. Dekatnya interval
pemberangkatan bus satu dengan bus SK di depan dan di belakangnya.
Berjubelnya penumpang pada jam dan hari tertentu yang menaiki bus ini.
Semua karena populasi armada SK yang memang banyak dan menguasai jalur ini, walaupun
ada kompetitor lain seperti PO Mira, PO Eka, PO Akas atau PO Restu.
Dengan karakter pengemudi tunggal yang membawa bus untuk perjalanan satu rit
(pergi-pulang), maka pengemudi dituntut tiba di tujuan lebih awal untuk
memaksimalkan waktu istirahat yang lebih panjang di terminal. Alhasil, sopir
dituntut memacu busnya cepat dan cepat. Whuss whusss…

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites